Manfaat Daun Pepaya

Written By Widji ume auliafatih on Sabtu, Mei 5 | 22.28

Kalo di daerah saya, yaitu Jawa Tengah, tepatnya Solo, tepatnya lagi Karanganyar, pasnya Kebakkramat, ada jamu gendong yang namanya Jamu Godhong Kathes (jamu daun pepaya). Jamu itu seolah menjadi favorit dari penjual jamu gendhong. Walaupun rasa yang pahit, namun tidak menjadikan masalah untuk tetap dinanti dari manfaat daun pepaya ini.

Daun pepaya selain enak dimakan, ternyata banyak khasiatnya, diantaranya adalah menghilangkan jerawat dari wajah anda. Cara pengolahan daun pepaya menjadi obat jerawat juga sangat mudah. Berikut ini diantara manfaat dan cara pengolahan dari daun pepaya adalah :


1.  Untuk menghilangkan Jerawat. Ambil satu atau dua lembar daun pepaya yang agak tua, kemudian jemur hingga kering. Setelah itu, tumbuk dan tambahkan sedikit air kemudian  saring. Ambil sarinyaa dan lulurkan pada wajah yang berjerawat.


2. Untuk melancarkan pencernaan. Kandungan Zat karpain di dalam Daun pepaya dapat menghancurkan bakteri yang mengganggu System pencernaan di dalam tubuh. Makanya untuk memudahkan dalam mengkonsumsi dau papaya sering dibuat sayur menjadi urap, tumis, dan lain-lain.


3. Untuk penambah nafsu makan anak. Caranya siapkan daun pepaya yang masih segar dan masih muda. Lalu tuang air digelas beri sedikit garam. Campurkan daun pepaya kemudian blender hingga halus, saring airnya, kemudian diminumkan. Namun, hal ini akan membuat mereka jera, karena rasa pahit yang sangat.


4. Untuk demam berdarah. Sejak dahulu daun pepaya dipercaya dapat menyembuhkan demam berdarah, caranya siapkan 5 lembar daun pepaya. Kemudian rebus dengan 2 gelas air, hingga tinggal setengah gelas air, lalu siap diminum.

5. Untuk nyeri haid. Daun pepaya dapat di manfaatkan untuk meredakan nyeri haid. Sediakan 1 lembar daun pepaya, asam jawa, dan garam. Kemudian tambahkan segelas air lalu Rebus. Setelah Dingin minum ramuan tersebut.

6. Untuk anti kanker. Kandungan milky latex (getah putih) menurut penelitian oleh ilmuwan bahwa manfaat daun pepaya dan batang pohonnya dapat digunakan sebagai anti kanker. Akan tetapi Hal ini masih belum sepenuhnya benar, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.


7. Untuk lulur mandi agar tubuh menjadi halus. Caranya tumbuk daun pepaya, samapi halus dan lulurkan keseluruh tubuh. Diamkan beberapa saat dan bilas dengan air bersih, hasilnya kan menjadikan kulit halus.

8. Untuk melunakkan daging yang ulet. Jika anda suka dengan daging bebek, ayam kampung dan daging sapi, silahkan pakai daun pepaya untuk melunakkan. Rebus bersama daun pepaya akan membuat daging yang keras dan alot menjadi lunak.

Inilah manfaat yang luar biasa dari daun pepaya, makanya kenapa orang dahulu dikampung sering langganan mbok jamu dengan menu favorit adalah Jamu Godhong Kathes (jamu daun pepaya). Bahkan saya pun waktu kecil sering ditawari ibu untuk minum jamu ini, namun menolak karena rasa yang pahit dan belum tau ilmunya.


Mudah-mudahan bermanfaat. 

Artikel bermanfaat lain, silahkan dibuka :
- Khasiat buah zaitun 
- Khasiat buah sirsak 
- Buah-buahan obat lemah syahwat 
- Kedelai cegah kekambuhan kanker payudara 
- Manfaat Rokok 
- Waktu terbaik konsumsi vitamin 
- 10 cara berobat dengan efisien 
- Tips menghilangkan keriput
Share this article :
 
Support : Jual Glutera | Cream Sari | Tulipware | Natural Crystal X | Kelambu nyamuk
Copyright © 2013. Natural Crystal X - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger